Info Bagi Non PNS.. Guru Akan Direkrut Dengan Sistem Kontrak…

Pemerintah mempertimbangkan mekanisme perekrutan dengan sistem pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) alias kontrak.

 Saat ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menghitung jumlah kekurangan guru di setiap daerah, terutama untuk penempatan di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Sumarna Surapranata menjelaskan, penerapan P3K pada sistem perekrutan guru sedang dibahas intensif di lintas kementerian. Pembahasan dilakukan termasuk dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menurutnya, P3K menjadi opsi realistis untuk menutupi kekurangan guru di wilayah 3T dengan cepat.

Screenshot_21-300x169 Info Bagi Non PNS.. Guru Akan Direkrut Dengan Sistem Kontrak...
>> Daftar Gaji PPPK (Digaji Langsung dari Pemerintah Pusat)

>> Download Persyaratan Disini

“Jadi ini masih digodok dan kabarnya pihak BKN juga masih menunggu Peraturan Pemerintah. P3K menjadi opsi karena formasi CPNS tidak dapat memenuhi kebutuhan kekurangan guru. Banyak daerah yang kelebihan tenaga PNS nonguru, jadi kalau merekrut guru PNS, banyak daerah yang tidak mampu membayar gajinya,” kata Pranata di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Jumat 4 Agustus 2017.

Ia mengatakan, untuk memenuhi kekurangan guru, pemerintah sudah merekrut sebanyak 6.296 orang melalui program Guru Garis Depan (GGD). Jumlah tersebut jauh dari cukup mengingat kekurangan guru produktif mencapai sekitar 92.000 orang.

“Masalah krusial pada guru adalah..

Screenshot_21-300x169 Info Bagi Non PNS.. Guru Akan Direkrut Dengan Sistem Kontrak...