Hot News..Permendikbud “Sekolah 5 Hari Sepekan” Sudah Terbit.. Bagaimana Tanggapan Anda?

By | June 13, 2017

Berkaitan dengan Pro Kontra yang terjadi di masyarakat soal “Sekolah 5 hari sepekan” menimbulkan asumsi publik yang beraneka ragam. Sebut saja Majelis Ulama Indonesia (MUI). MUI khawatirkan Madrasah gulung tikar jika sekolah 5 hari diberlakukan. Durasi belajar selama delapan jam per hari tersebut dikhawatirkan akan mengganggu pembelajaran di madrasah dan pesantren.

Wakil ketua Umum MUI, Zainud Tauhid Saadi mengungkapkan bahwa praktik pendidikan keagamaan di madrasah (Madrasah Diniyah) sudah lama dilakukan oleh masyarakat. Pengelolaannya pun secara sukarela dan dibiayai secara swadaya.

Baca : MUI Khawatirkan Madrasah Gulung Tikar Jika Sekolah 5 Hari Sepekan Diberlakukan

Screenshot_13-1-300x191 Hot News..Permendikbud "Sekolah 5 Hari Sepekan" Sudah Terbit.. Bagaimana Tanggapan Anda?

Download Permendikbud No. 23 Tahun 2017 Tentang 5 Hari Sekolah Di sini

Namun, meski respon negatif dari masyarakat terhadap aturan Mendikbud ini, tertanggal 12 Juni 2017 secara resmi Permendibud yang mengatur tentang “5 Hari Sekolah” telah diterbitkan. Hal ini tertuang dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017.

  • Dalam pasalĀ  2 disebutkan bahwa Hari Sekolah dilaksanakan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu.
  • Ketentuan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu sebagaimana dimaksud pada ayat (1), termasuk waktu istirahat selama 0,5 (nol koma lima) jam dalam 1 (satu) hari atau 2,5 (dua koma lima) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu.

Ketentuan ini berlaku mulai tahun pelajaran 2017/2018 secara bertahap..

Lebih jelasnya baca Di sini